Pengalaman Menerbitkan Kembali SIM C yang Hilang di Polres Indramayu - Curhat

Assalamu'alaikum Netizen..

Aku kali ini bakal share ceritaku mengenai menerbitkan kembali SIM C yang hilang.

Nah, begini ceritanya.

Tanggal 20 Maret 2017

Pagi, pukul 06.15 aku baru sadar kalo SIM C-ku hilang

Sorenya (pukul 16.30 WIB), aku dan seseorang pergi buat cek ke tempat yang kemaren aku datengin

1. Bengkel Honda di Jl. Leuwi Panjang - Bandung
2. POM bensin di perempatan Cigereleng
3. Tempat cuci motor di Jl. Inhoftank

Tempat 1 dan 2 ternyata udah dicek sama seseorang itu, jadi tinggal ke tempat ke 3.
Dan hasilnya adalah.. NGGAK ADA YANG NEMU.


Kemudian sekitar pukul 18.30 WIB, aku ke polsek Regol (polsek terdekat) buat bikin surat kehilangan.

Kalo SIM C netizen hilang, sebaiknya cepat-cepat bikin surat kehilangan.
Katanya sih, supaya SIM C-nya nggak disalahgunain sama orang. Misalnya buat kredit ABCD atau buat hal-hal yang jahat. (Aku sih nggak kepikiran sampe situ, tapi yasudahlah sebagai warga negara yang baik ya aku bikin surat kehilangan)

Surat kehilangan ini sifatnya sementara, cuma berlaku 2 minggu.
Jadi suratku ini cuma berlaku sampe tanggal 3 April 2017.
(Note : Aku bayar Rp 15.000)


Berita kurang baiknya, SIM C hanya bisa diterbitkan kembali di Polres yang waktu pertama SIMC diterbitkan.





Aku liat-liat kalender, dan mutusin buat pulang tanggal 14 April 2017.
Tapi yang jadi masalah adalah.. surat kehilangannya tidak berlaku lagi.


Tanggal 3 April 2017 (2 minggu kemudian) ...

Aku ke polsek lagi.
Dan jadilah itu surat kehilangan.
(Note : Bayar Rp 30.000)

15 April 2017 ...
Aku ke polres Indramayu.
Aku dari rumah pukul 07.00 WIB, sampe polres pukul 08.00 WIB.
Terus, aku ke dokter Lisfayeni di  seberang polres. Yang sebelahnya kantor pajak tuuuuh..

Di dokter, ada bapak penjaga fotocopy-an yang bakal nanya soal fotocopy KTP, map merah, & pulpen.
Kamu bisa fotocopy dan beli map merah + pulpen di sana.
Terus, bapak fotocopy-an itu ngasih tau tempat pendaftaran dokternya.

Daftar deh tuh, di bapak yang nggak jauh dari bapak fotocopy-an yang tadi.
Ada meja kecil kan di situ, daftar di situ.
Bapak pendaftarannya bakal tanya tinggi badan & berat badan.
Kalo kamu tau tinggi & berat badanmu, ya langsung aja bilang.
Kalo enggak tau, tinggal ukur & timbang aja di situ. Di situ ada alat ukur & timbang kok.
Terus, tinggi badan & berat badannya ditulis difotocopy KTP.
Fotokopi KTP aku dicap pake cap kecil.
Terus, nunggu dipanggil oleh bagian pemeriksaan.

10 menit kemudian, namaku dipanggil sama Mbak pemeriksaan.
Aku ditanya golongan darahku apa.
Karena ku jawab nggak tau, si Mbaknya nawarin cek darah.
Nggak sampe 1 menit kook, dan cuma Rp 7.000.
Aku ditensi, cek buta warna atau enggak, & dikasih kartu kesehatan.
Eh iya, hasil testnya ditulis di fotokopi KTP aku. (Ditulis oleh Mbaknya)

Setelah itu, aku diminta masuk ke ruangan gitu.
Dan diberi surat pemeriksaan warna merah jambu.
Bayar Rp 25.000.

Langsung deh ke Polres....
Aku ke pos jaga & nukerin KTP sama kartu tamu. (Soalnya di sana lagi ada seleksi POLRI gitu)

Kemudian, langsung ke bangunan yang tulisannya SIM.
Dari gerbang utama itu lurus aja..
Bangunannya tepat di pertigaan.

Lanjut...

Aku masuk.
Trus ke loket I (Kata Pak Polisi di pintu tadi ke loket I).
Dari loket I, disuruh ke loket IV buat cek database.
Dari loket IV, ke loket BRI buat bayar. (Rp 75.000)
Setelah itu ke loket I lagi.

Dan.. nunggu dipanggil buat difoto.
Nunggu 20 menit, dipanggil buat foto & ttd.

10 menit kemudian, dipanggil buat ambil SIM-nya.
HORAAAAAAYYYYYYY !!!!!!!

Pulang deh... (Pukul 10.31 WIB).
Lagi panas-panasnya Indramayu, kudu ke Pantura & nyetir motor sendirian.
Hiks...
Sedih sih, tapi SIM C sudah kembali.
Apalah arti semua lelah & kesedihan ini. Hahahahahahaha.

Nah, buat yang males baca & sebagai pengingat kamu..
Nih aku kasih alur singkatnya.

Cara mengurus SIM C yang hilang untuk diterbitkan kembali :


Siapkan :
1. Fotocopy KTP 1 lembar (saran : 3 lembar untuk jaga-jaga)
2. Fotocopy / print SIM C 1 lembar (Supaya cek database-nya gampang. Aku juga cepet karena ada print SIM C-nya katanya sih)\
3. Map warna merah jambu 1 buah (di fotokopian dokter juga ada kok)
4. Surat kehilangan dari polsek terdekat 1 lembar (Waktu aku ilang di daerah Regol Bandung, jadi aku bikin di Polsek Regol Bandung)


Langkah :
1. Bikin surat kesehatan dari dokter
Kalau di Indramayu, di dr. Lisfayeni >> Lokasi di seberang polres Indramayu, tepat disebelah kantor pajak.
Di dokter :
- Daftar
- Nunggu dipanggil
_ Dipanggil, diperiksa (Cek darah Rp 7.000)
- Ke ruangan, dikasih surat pemeriksaan. (Biaya adm Rp 25.000)
2. OTW Polres
- Ke bangunan yang ada tulisan SIM
- Ke loket IV buat cek database
- Nunggu dipanggil
_ Dipanggil, otw loket BRI
-Nunggu dipanggil
- Dipanggil, bayar Rp 75.000, otw loket 1
- Nunggu dipanggil
- Dipanggil, foto & ttd
- Nunggu dipanggil
_ Dipanggil, ambil SIM yang sudah jadi.


Sudah..


Nanti kalau SIM C-nya udah dapet, jangan sampe hilang lagi ya.. ^^

Catatan & Saran buat kamu :
- Hari Sabtu, polres buka pukul 08.00 dan cuma setengah hari (mungkin tutup pukul 12.00)
- Dateng pagi-pagi
- Baju rapih
- Jangan pake pakaian tebal, Indramayu itu panas. Nanti kamu ngeluarin banyak keringet
- Jangan pake minyak wangi banyak-banyak. (Bau keringet + wangi-wangian = enek. Please !)
- Yang sabar & kooperatif sama pak polisinya (Pak polisinya baik-baik kok)


Sekian..


Wassalamu'alaikum Netizen..

Comments

Popular posts from this blog

Islamic Corner : Sehat Bersama Ustadz Dhanu (Ustad Danu)

(Film) Review Suka-suka Peninsula a.k.a. Train to Busan 2 (2020) : Uji Nyali di Sarang Zombie

Nonton dan Download Running Man Episode 1 - 10 Sub Indo