Islamic Corner : Berbakti kepada orang tua (Al Ahqaf : 15-18)

Assalamu'alaikum Dear..

Postingan ini adalah episode kedua dari ini. Meskipun keduanya adalah stand alone episode sih sebenernya.

sumber

Menurut Al-Qur'an yang aku baca, ternyata ada yang menarik dari Surat Al Ahqaf ini. Di postingan sebelumnya , membahas mengenai do'a 40 tahun yang ada di Al Ahqaf ayat 15.

Kalau kita membaca Al Ahqaf ayat 15 - 18 secara lengkap (dengan artinya), disitu membahas mengenai berbakti kepada kedua orang tua, serta bahaya jika durhaka.
15. Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya, ibunya mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Masa mengandung sampai menyapihnya selama tiga puluh bulan, sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun, ia berdoa, "Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridhai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sungguh, aku bertobat kepada Engkau, dan sungguh, aku termasuk orang muslim.”
16. Mereka itulah orang-orang yang Kami terima amal baiknya yang telah mereka kerjakan dan (orang-orang) yang Kami maafkan kesalahan-kesalahannya, (mereka akan menjadi) penghuni-penghuni surga. Itu janji yang benar yang telah dijanjikan kepada mereka.
17. Dan orang yang berkata kepada kedua orang tuanya, "Ah. Apakah kamu berdua memperingatkan kepadaku bahwa aku akan dibangkitkan (dari kubur), padahal beberapa umat sebelumku telah berlalu? Lalu kedua orang tuanya itu memohon pertolongan kepada Allah seraya berkata, "Celaka kamu, berimanlah! Sungguh, janji Allah itu benar.” lalu dia (anak itu) berkata, "Ini hanyalah dongeng orang-orang terdahulu.”
18. Mereka itu orang-orang yang telah pasti terkena ketetapan (azab) bersama umat-umat dahulu sebelum mereka, dari golongan jin dan manusia. Mereka adalah orang-orang yang rugi.
Nah, seperti itu.
Silahkan kamu buka & baca Al Qur'an, beserta artinya ya..
Correct me if i am wrong.

Semoga bermanfaat

Wassalam..

Comments

Popular posts from this blog

Islamic Corner : Sehat Bersama Ustadz Dhanu (Ustad Danu)

(Film) Review Suka-suka Peninsula a.k.a. Train to Busan 2 (2020) : Uji Nyali di Sarang Zombie

Nonton dan Download Running Man Episode 1 - 10 Sub Indo