Soal Pabrik Milik Asing (yang makin banyak) di Negara Kita

Assalamu'alaikum Dear..

Tulisan ini terinspirasi dari instagram story-nya salah satu kawanku. Here is her instagram story :

Yang tosca itu sensor (iya, pembaca juga pasti tau)
Pas aku baca istagram story-nya dia, aku jadi inget kalo dulu aku pernah kepikiran buat bikin postingan di blog mengenai hal yang sama. Okey, kalo dipikir-pikir sih sekarang ini makin banyak pabrik-pabrik milik luar negeri yang ngebangunin bangunan produksinya di Indonesia.

Kalau aku pulang, di perjalanan Bandung - Indramayu maupun sebaliknya, banyak banget pabrik-pabrik berjejer di sepanjang jalan di Kota Subang.

Positifnya, warga Indonesia pada khususnya dan warga sekitar pada umumnya mendapat pekerjaan. 1 pabrik bisa mempekerjakan 100 - sekian ribu orang. Solusi yang cukup tepat untuk mengurangi angka pengangguran.

Tapi ...,

Seperti angin tenang sebelum badai, pabrik-pabrik ini cukup mengerikan.
  •  Resiko global warming meningkat
           Tau global warming kan? Itu tuh, si pemanasan global. Coba deh masuk ke area pabrik, atau minimal jalan-jalan di sekitar komplek pabrik. Mau tau apa yang dirasain ? PANAS DAN GERSANG
           Di area pabrik itu, dominan tanahnya digunain buat bangunan kantor, gudang, ruang produksi, dan lahan parkir. Jalanan di sekitar pabrik juga diaspal. Sekalinya ada pohon, paling bisa diitung jari. Sedih ya? 😔😔
  • Resiko banjir meningkat
          Kamu pernah masuk ke pabrik ngga? Aku pernah. Dulu aku sempet kerja di komplek pabrik. Puluhan kilometer, kamu bakal ngeliat pabrik di kiri dan kanan. Dan.. selalu banjir kalo dikasih ujan setengah jam ngga berhenti-berhenti. Nggak tanggung-tanggung, banjirnya sampe seperut orang dewasa (sekitar 120cm). Ya gimana nggak banjir, orang tanahnya ditutup pake semen dan aspal semua. Mana gitu, saluran airnya ngga bener. Lah, wajar kalo si air jadinya pindah ke jalanan. Tempat buat dianya dirampas sih.
  • Resiko pencemaran lingkungan
          Aku pernah beberapa kali kejebak banjir. Pernah sebetis, sepaha, sepinggang, sampe seperut orang dewasa. Kalau banjirnya sepaha, sepinggang, sampe seperut orang dewasa, aku biasanya neduh dulu di teras supermarket. Nggak berani nerjang banjir segitu tingginya dengan arus yang deres, plus bawa motor.
          Sambil nunggu air surut, sambil makan baso, beli air, nonton film di handphone atau ngobrol sama warga yang juga sama-sama nunggu air surut. Seringnya, aku nunggu dari jam 17.00 sampe jam 21.00. Itu pun airnya masih ada sekitar setinggi betis orang dewasa.
          Kalo setinggi betis orang dewasa, aku baru berani nerjang banjir. Meskipun arusnya cukup deres, kalau kitanya yakin airnya ga akan masuk knalpot, kitanya ngegas ngeremnya bener & pengendara di depan belakang kita juga bener, insyaAllah cukup aman. Anggep aja main arung jeram naik motor.
           Tapi ... 
           Yang ngga aman itu.., kalo jalanan cukup lancar tapi kita hilang keseimbangan dan kaki kita nyentuh air banjirnya. Loh, kenapa ngga aman? Karena air banjirnya warnanya item. 😟 Itu air hujan, campur limbah. 😞 Sedih yah 😞😞
            Kalo nyentuh air banjir, bisa dipastikan kulit kakinya gatel-gatel. Harus segera direndem pake air anget + garem. Di scrub garem juga kalo perlu,biar kumannya pada ilang. 😞😞 Belum lagi kalo banjir + macet, trus mau ngga mau itu kakinya turun ke air. Lama-lama mulai kerasa gatel, tapi kakinya ngga bisa naik karena harus jaga keseimbangan motor. Ya meskipun aku sih biasanya pake satu kaki bergantian, tapi hhhh.. kakikuuuuuuu tetep aja gatel 😭😭😭
  • Tekanan Mental
           Orang Indonesianya paling banter jadi admin, sopir, dan pekerjaan lain yang melelahkan (misalnya produksi & OB). Aku denger sih paling banyak jadi bagian produksi. Yang kalo salah itu, dimarahin abis-abisan. Aku suka kasian kalo ada temenku yang cerita kalau dia atau temennya di marahi atasannya. Aku juga pernah beberapa kali liat orang produksi dimarahi, padahal kesalahannya kecil. Aku ngerti sih, kesalahan kecil kalo dipabrik itu memang kaya kesalahan besar, karena proses produksi, distribusi dan pemasarannya harus serba cepat. Satu aja proses yang ngga sesuai target dan ketentuan, itu bikin proses yang lainnya jadi terganggu.
     
            Tapi, itu jadi tekanan mental buat mereka (para pekerja). Makanya jangan heran kalo orang yang kerja dipabrik itu rata-rata keras kepala, judes, dan cerewet.

             Dari semua bla-bla-blanya aku, aku tetep salut sama orang-orang yang ada dipabrik. Mereka itu orang-orang kuat. Dari pengalamanku, mereka lebih patuh terhadap jam datang ke tempat kerja. Orang pabrik datang pukul 06.00 sampai 07.15 meskipun jam kerjanya mulai pukul 08.00. Mereka itu keren. Ngga ada masalah dengan pekerjaan ini selama mampu untuk menjalani. Kan halal.

Okey, lanjut yaaaaa..

Kita nggak bisa melarang pabrik milik asing berdiri di Indonesia.

Jadi..
Akan lebih baik kalo kita, para pejuang muda ini, juga menjadi pembuka lowongan kerja. Menyelamatkan orang-orang sekitar dari pengangguran & mengurangi tekanan mental terhadap mereka. Kemudian mendirikan tempat usaha ramah lingkungan dan mengolah limbah produksi dengan baik.

Gimana caranya ?

Bisa langsung bikin tempat usaha atau sewa tempat usaha (Kalo ada modal)

Atau..
Mulai jadi enterpreneur. Berdagang.

Tapi aku karyawan. Kapan dagangnya?

Kamu yang jadi karyawan, mulailah berdagang juga. Bukan dengan keluar dari tempatmu bekerja, tapi dengan berdagang dipasar kaget setiap sabtu minggu, dagang di Car Free Day, atau jualan online.

Modalnya?

Nabung dari penghasilan yang sekarang. Kalo udah kekumpul, pelan-pelan buka usaha darurat atau kecil-kecilan, yang dilakukan terus-menerus. Siapa tahu 5 atau 10 tahun ke depan, bisa buka usaha yang lebih besar. Syukur-syukur punya pabrik sendiri.

Jangan cuma dibaca ya, tapi dilaksanakan.

That's all my opinion. Inget ya, postingan ini berdasarkan opini dan (sedikit) pengalamanku. Ngga ada maksud untuk menjelekkan salah satu tempat kerja atau pun profesi. Semoga bermanfaat untuk dibaca. Terimakasih.

Wassalam.

With love,
ia

Comments

Popular posts from this blog

Islamic Corner : Sehat Bersama Ustadz Dhanu (Ustad Danu)

(Film) Review Suka-suka Peninsula a.k.a. Train to Busan 2 (2020) : Uji Nyali di Sarang Zombie

Nonton dan Download Running Man Episode 1 - 10 Sub Indo