Tawar Gatra - Cerita Merantau Part 5

Hallo..

Aku bakal bagi cerita soal merantauku.

Intro dulu lah ya, biar connect. Aku mulai "keluar" dari rumah dan merantau ke Bandung, tahun 2012. Sekarang udah akhir tahun 2018. Jadi, aku merantau di Bandung udah +- 6 tahun.

Ceritanya begini :
Lagi jam makan siang. Aku lagi makan. Di meja yang lain, rekanku juga makan. Kami masing-masing makan tanpa ngobrol. Lalu, rekanku membuka pembicaraan.
Rekan : "Re, mau ga?"
Aku : "Apa tuh?"
Rekan : "Ini kerupuk, tapi yang bantat"
Aku : "Enak ga sih?"
Rekan : "Enak kok, ini ambil. Aku ada 2 plastik, belum dibuka"
Aku : "Ga ah, ga usah"
Rekan : "Eeeeh, ayo sini ambil. Aku beli kebanyakan. Sayang kan kalo keburu ga renyah"
Aku : "Iya deh aku mau, ambil 1 ya"

Aku jalan ke arah rekanku itu, ngambil 1 pcs. 1pcs loh ya, bukan 1 plastik. 1 plastik isinya sekitar 8pcs.
Rekan : "Kenapa cuma satu?"
Aku : "Iya, nyicipin aja"
Rekan : "Yah kamu mah. Ambil 3 kek, ntar ini kalo ga abis, aku buang"
Trus aku balik ke mejaku. Beberapa menit kemudian, rekanku nawarin kerupuk itu lagi.
Aku kepikiran ucapan dia yang "ntar kalo ga abis, aku buang". Mubazir kan? Nah, dengan pertimbangan itu, aku ambil 2pcs. Trus ada percakapan begini :
Rekan : "Gimana? Enak ga?"
Aku : "Iya enak kok. Dul tuh aku pernah beli kerupuk bantat macem gini, tapi gaenak"
Rekan : "Yaiyalah ga enak. Yang ini mah jelas enak, orang gratis. Siapa sih yang gamau makanan gratis. Makanan gratis mah apa aja juga enak" (Dengan nada & ekspresi menyebalkan)

DEG!
Itu kerupuk yang lagi aku makan, tiba-tiba seret di tenggorokan. Hhhhhhhhhhh.
Jam makan siangku bikin bad mood, sungguh ! 😠😞

Trus aku langsung nge-WA penjualnya. (Kebetulan kerupuk ini dijual oleh salah satu rekanku yang lain).
Aku beli 2, dan satunya aku kasihin ke rekanku yang menyebalkan itu.
Aku taroh aja di mejanya. Pas dia tanya, aku bilang, "Iya itu dari aku. Aku tadi makan kebanyakan, jadi aku ganti".

Aku ga peduli kalo aku dibilang lebay / gimana gitu. Tapi kalau niat ngasih ya ngasih aja, gausah ada embel-embel (tambahan) kalimat apa-apa. Kalau ga niat ngasih, ya jangan nawarin gitu. Kesel jadinya. Trus aku mikir lagi, "kali aja dia cuma tawar gatra". Yaudahlah, gausah segitu keselnya.

FYI, yang belum tau nih, tawar gatra tuh aksi nawarin sesuatu, tapi ga bener-bener niat nawarin. Semacam basa-basi gitu. Tujuannya sih baik (mungkin), buat menjaga tata krama & kesopanan.
Misalnya begini :
Si A nawarin makanan ke Si B, padahal Si A tuh di dalem hati mungkin aja bilang "Semoga si B ga ngambil banyak-banyak". 
Iya, sumpah deh, tawar gatra ini hanya bagian dari menjaga tata krama, kesopanan, dan keramahan. Serta.. basa-basi. Ya begitulah. Di Sunda namanya tawar gatra. Tapi ga cuma orang Sunda aja yang punya sikap tawar gatra, orang-orang Indonesia (dari suku yang lain) juga banyak BANGET yang tawar gatra. Begitulah. Memang basa-basi ini sudah mendarah daging kayanya, meskipun ada juga yang ga tawar gatra. Tawar gatra, basa-basi yang sering bikin kesel, kalo kelewatan. 😆😆😆😆😆😆 Tiati loh!

Eh tapi gini loh ya, selama ada orang tawar gatra, berarti orang itu masih care ke kamu. Lebih akward ga di-tawar gatra-in sebenernya. Semacam "kayak dianggep ga ada gitu". Serba salah sih, heuheu.

Comments

Popular posts from this blog

Islamic Corner : Sehat Bersama Ustadz Dhanu (Ustad Danu)

(Film) Review Suka-suka Peninsula a.k.a. Train to Busan 2 (2020) : Uji Nyali di Sarang Zombie

Nonton dan Download Running Man Episode 1 - 10 Sub Indo