Pareum - Cerita Merantau di Bandung Part 4

Ini adalah salah satu ceritaku di Kampus.

FYI (For Your Information) nih, universitasku itu universitas swasta di Kota Bandung, ada 3 jenis kelas.
1. Kelas Reguler
Jadwal kuliah : Senin s.d. Jum'at, antara 08.00 - 15.00 WIB
Isinya biasanya anak-anak yang baru lulus SMA, rentang umurnya 18-19 tahun, dominan uangnya masih berasal dari ortu.
2. Kelas Karyawan Malam
Jadwal kuliah : Senin s.d. Jum'at, antara 18.30 - 21.00 WIB
Isinya beragam. Ada yang baru lulus SMA, ada yang udah Ibu-Ibu / Bapak-Bapak. Rentang umurnya dari 18 - 40 tahun. Dominan udah kerja semua, bahkan ada yang "terpaksa" kuliah buat syarat promosi naik jabatan di tempat kerjanya.
3. Kelas Weekend
Jadwal kuliah : Sabtu - Minggu, antara 08.00-16.30 WIB

Hari itu, tahun 2013, aku udah hampir 1 tahun ngerantau di Bandung. Aku masih semester 2, di kelas Reguler. BTW, aku bukan orang Sunda.
Entah apa yang ada di dalam pikiranku waktu akhir tahun 2012 (kira-kira), aku tiba-tiba pengen kuliah & ngerantau ke Bandung.

Hari itu, kelasku dapet kelas pengganti karena di jadwal minggu kemarin, Dosen yang bersangkutan batal hadir. Jadwal kelasnya dari jam 14.30-16.00 WIB. Tapi karena dapet kelas pengganti, jadwalnya nambah jadi 16.00-17.30 WIB. Baique (dibaca : baik), sampe sini biasa aja.

Back to "hari itu" yaaaa..

Ini kali pertama kelasku dapet kelas di Basement sore-sore. Katanya, kelas Reguler udah ga bisa pake kelas selain basement, soalnya kelas kan bakal dipake Kelas Karyawan Malam, jadi harus dibersihin dulu. Gitu.

Jam 17.30 WIB, perkuliahan selesai. Temen-temenku satu persatu keluar dari kelas. Aku saat itu keluar belakangan.
Teman 1 : "Ril, eta lampu tong poho dipareuman"
Aku : "Ha?"
Teman 2 : "Lampu. Pareuman"
Aku : diem aja
Teman 3 : "Eh Si Ril cicing wae. Eta lampu dipareuman, ngke dicarekan akademik"
Teman 1 : "He'eh dih cicing wae"
Trus aku diem aja, kaya komputer yang not responding.
Lalu ada salah satu temenku yang (kayak kesel), langsung jalan cepet ke arahku dan matiin sakelar lampu tepat di atas kepalaku (aku lagi duduk), posisi sakelarnya agak kedepan dikit.
Trus mereka kayak yang kesel sama aku.

Aku cuma diem.

Aku ga punya clue sama sekali kenapa mereka kesel.

Setelah semua orang keluar, temenku (Namanya Via) ngasih tau sesuatu. Katanya tadi aku keliatan bego banget, padahal aku cuma disuruh matiin lampu. Ternyata "lampu dipareuman" artinya "lampu dimatiin". Gitu. 😝😝😝

Aku jelasin balik ke Via, bahwa aku memang loading. Di daerah asalku, pareuman = bedakan. Waktu temen2ku bilang "lampu dipareuman", yang terbayang olehku bukan "lampu dimatiin", tapi "lampu dibedakin". 😂😂😂😂😂😂😂😂


Yaaaaa, begitulah sepenggal cerita merantauku. Ada yang punya cerita yang sama?

Comments

Popular posts from this blog

Islamic Corner : Sehat Bersama Ustadz Dhanu (Ustad Danu)

(Film) Review Suka-suka Peninsula a.k.a. Train to Busan 2 (2020) : Uji Nyali di Sarang Zombie

Nonton dan Download Running Man Episode 1 - 10 Sub Indo